“Workshop & Up-Grading” Pengda INI Surabaya

“Workshop & Up-Grading” Pengda INI Surabaya

Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Surabaya menggelar “workshop & up-grading” tentang badan hukum pada 5 November 2015 lalu di Hotel “Mercure” Surabaya.

Workshop yang diberi tajuk “Workshop & Up-Grading Sehari Tentang Badan Hukum Dan Permasalahan Hukum Dalam Praktek Serta Akses AHU Online” itu diikuti sekitar 500 Notaris/PPAT yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai narasumber, panitia menghadirkan tiga pakar hukum kenotariatan, yakni Miftachul Machsum, SH, Wahyuidi Suyanto, SH, dan Dr. Habib Adjie, SH, MHum. Sedangkan dari pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum Dan HAM (Kemenkumham) diwakili oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Badan Hukum, Maftuch, SH.

Anggraenie Hapsari

Anggraenie Hapsari

Tepat pukul 09.30 WIB, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dirangkaikan dengan “Hymne INI”, dipandu oleh “Paduan Suara” Pengwil INI Jatim. Selanjutnya, Ketua Panitia Anggraenie Hapsari, SH, MHum memberikan sambutan berikut laporannya, dirangkaikan dengan sambutan dari Ketua Pengda INI Surabaya, Bambang Heru Djoewito, SH, MH. Dalam sambutannya, Anggraeni Hapsari mengatakan bahwa workshop kali ini merupakan rangkaian dari program kerja Pengda INI Surabaya dengan pemilihan topik yang didasarkan pada kebutuhan anggota sesuai dengan perkembangan hukum serta problematik yang ditemui di lapangan.

Sesi-I diisi oleh Kasubdit Badan Hukum Ditjen AHU, Maftuch, SH didampingi tiga orang staf, dengan membahas teknis pengaksesan badan hukum pada situs Ditjen AHU yang dirangkaikan dengan tanya-jawab. Bertindak sebagai moderator pada sesi ini adalah, Jusuf Patrick, SH, Notaris senior di Surabaya. Sesi-II diisi oleh Miftachul Machsum, SH bersama-sama dengan Wahyudi Suyanto, SH mengantarkan materi bahasan tentang Surat Keterangan Hak Waris, dengan didampingi oleh Bambang Heru Djoewito, SH, MH sebagai moderator. Melalui moderator diumumkan bahwa tanya-jawab untuk sesi ini akan diadakan pada bagian akhir sesi-IV yang membahas permasalahan hukum dalam praktek.

Paduan Suara Pengwil INI Jatim

Paduan Suara Pengwil INI Jatim

Seusai ishoma, acara dilanjutkan dengan sesi-III yang diisi oleh Aulia Taufani, SH dengan materi bahasan tentang akta-akta badan hukum PT dalam kaitannya dengan agio saham, inbreng dan saham yang jatuh ke ahli waris, dirangkaikan dengan tanya-jawab. Bertindak sebagai moderator pada sesi ini, Gatot Triwaluyo, SH, Notaris di Surabaya. Memasuki sesi-IV, Dr. Habib Adjie, SH menyampaikan materi tentang syarat badan hukum bagi lembaga penerima bantuan sosial (bansos) dan hibah dari pemerintah, yang dirangkaikan dengan tanya jawab seputar Permasalahan Hukum Dalam Praktek. Sesi tanya jawab menampilkan ketiga narasumber sekaligus, yakni Miftachul Machsum, SH, Wahyudi Suyanto, SH, dan Dr. Habib Adjie, SH, MHum. Bertindak sebagai moderator dalam sesi ini, Sitaresmi Puspadewi Subianto, SH, Notaris senior di Surabaya.

Sesi tanya-jawab kali ini di dominasi pertanyaan seputar permasalahan Yayasan dan Perkumpulan yang belum berbadan hukum, dalam kaitannya dengan ketentuan Pasal 298 ayat (5) huruf d Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (UU Pemda) yang mensyaratkan bahwa lembaga penerima bansos maupun hibah dari pemerintah harus berbadan hukum. Pemberlakuan pasal tersebut telah mengakibatkan terhambatnya pencairan dana bansos dan hibah di hampir seluruh daerah di Indonesia, dimana lembaga penerima bansos dan hibah kebanyakan berbentuk Yayasan dan Perkumpulan tetapi belum memiliki status badan hukum.

Penyerahan cinderamata

Penyerahan cinderamata

Foto bersama narasumber

Foto bersama narasumber

Workshop & Up-Grading yang dirancang hanya untuk satu hari itu terasa kurang, mengingat banyaknya permasalahan hukum yang ditemui para Notaris/PPAT dalam praktek sebagaimana terlontar pada sesi tanya-jawab. Namun demikian, tampak kepuasan di wajah para peserta yang sejak awal mengikuti sesi demi sesi dengan tekun. Kepuasan itu juga terungkap dari apresiasi salah seorang peserta yang enggan menyebutkan namanya, yang mengaku sangat puas mengikuti acara kali ini, “Materinya cukup berbobot dan lengkap. Dengan dihadirkannya Pak Habib Adjie bersama-sama dengan pakar kenotariatan lainnya, lengkaplah sudah,” imbuh dia.

Seluruh rangkaian acara diakhiri pada pukul 17.00 WIB yang ditandai dengan penyerahan cinderamata kepada para narasumber, dirangkaikan dengan foto bersama. (Bima)

Foto Bersama

Foto Bersama

Share this Post: Facebook Twitter Pinterest Google Plus StumbleUpon Reddit RSS Email

Related Posts

1 Comment

  1. Semoga dapat dilakukan oleh Pengda Surabaya INI, untuk Notaris Indonesia