Halal bi Halal 1437H Awal Sinergi INI-IPPAT

Halal bi Halal 1437H Awal Sinergi INI-IPPAT

Pengurus Pusat (PP) Ikatan Notaris Indonesia (INI) bersama-sama dengan PP Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), menggelar acara Halal bi Halal di Jakarta pada 31 Juli 2016 lalu. Acara yang mengambil tempat di “Ecopark Ancol” Jakarta Utara itu, dihadiri para pengurus INI maupun IPPAT dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, disamping anggota maupun pengurus dari kedua organisasi yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

 

Ada yang berbeda membuat Halal bi Halal kali ini tergolong istimewa, selain penyelenggaraannya yang diprakarsai oleh dua organisasi yang berbeda yakni INI dan IPPAT, pegelarannya terlaksana atas kerjasama tiga Pengurus Wilayah (Pengwil) dari kedua organisasi tersebut yaitu Pengwil INI-IPPAT DKI Jakarta, Pengwil INI-IPPAT Banten dan Pengwil INI-IPPAT Jawa Barat. Selain itu, acara Halal bi Halal kali ini juga sekaligus merupakan perayaan HUT INI Ke-108 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2016.

2

Penyerahan potongan tumpeng

Menurut Ketua Umum IPPAT Syafran Sofyan, SH, MHum, event bersama seperti acara kali ini merupakan yang pertama sepanjang sejarah IPPAT. “Belum pernah ada kegiatan besar seperti ini yang diadakan secara bersama-sama oleh INI dan IPPAT. Ini yang pertama,” kata Syafran kepada wartawan, dalam jumpa pers yang diadakan disela-sela berlangsungnya acara. Ditambahkannya, bahwa acara akbar kali ini juga merupakan awal dari sinergi INI dengan IPPAT. “Ke depan, kita akan upayakan kerjasama dalam bentuk yang lain, misalnya pelaksanaan pembekalan dan penyegaran ilmu pengetahuan, atau rapat anggota berskala nasional yang akan dilaksanaan secara berbarengan,” imbuh dia. Bahkan tidak tertutup kemungkinan, ke depan INI dan IPPAT akan mengelar Pra Kongres maupun Kongres dalam waktu dan tempat yang bersamaan. Semua itu dilakukan demi memudahkan dan meringankan beban anggota, sehingga anggota INI maupun IPPAT tidak lagi harus dua kali mengikuti kegiatan yang sama dari kedua organisasi.

Ungkapan yang sama disampaikan oleh Ketua Umum INI Yualita Widyadhari, SH, MKn, dalam jumpa persnya secara terpisah. “Ini suatu bukti kesungguhan INI untuk bersinergi dengan IPAAT dan ini masih merupakan awal, ke depan masih banyak bentuk kerjasama yang dapat diupayakan untuk meningkatkan sinergi dimaksud,” tandasnya. Bentuk kerjasama dimaksud, antara lain dapat berupa saling memberi masukan, saling tukar informasi, atau saling membantu dalam menelaah perturan perundang-undangan maupun regulasi yang terkait dengan kedua organisasi. Namun menurutnya, semuanya itu hendaknya dilakukan dengan tetap memperhatikan aturan maupun etika, misalnya pengurus INI tidak akan mengadakan seminar tentang PP 24 Tahun 2016 yang substansinya adalah menyangkut tugas PPAT, atau sebaliknya pengurus IPPAT membahas kongres INI. “Dalam hal ini kedua organisasi akan bersinergi dalam bentuk saling memberi masukan, atau memberi usulan berupa hasil pemikiran dari para pengurus masing-masing organisasi,” jelasnya.

3

Penyerahan cinderamata kepada werdha Notaris

Acara Halal bi Halal diawali dengan regristasi peserta pada pukul 08.00 WIB, dirangkaikan dengan acara pembukaan yang ditandai dengan sambutan dari masing-masing Ketua Umum kedua organisasi, yakni Syafran Sofyan, SH, MHum selaku Ketua Umum IPPAT dan Yualita Widyadhari, SH, MKn selaku Ketua Umum INI. Seusai pembukaan, acara dilanjutkan dengan siraman rohani yang dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng dalam rangka perayaan HUT INI Ke-108, dan makan bersama. Potongan tumpeng pertama diserahkan oleh Ketua Umum INI Yualita Widyadhari kepada Ketua Umum IPPAT Syafran Sofyan, kemudian secara berturut-turut kepada ketiga Ketua Pengwil pelaksana acara, Ketua Dewan Penasehat, dan tokoh atau werdha Notaris. Tidak ketinggalan acara pelepasan balon HUT INI Ke-108.

3a

Pembagian doorprize

4

Penyerahan hadiah utama

Acara Halal bi Halal juga diwarnai penyerahan cinderamata kepada dua orang werdha Notaris dan penarikan undian doorprize, disamping aneka permainan beregu. Doorprize antara lain berupa handphone, printer, mesin cuci, televisi, dan sebuah sepeda motor sebagai hadiah utama. Sepeda motor merk HONDA jenis Revo yang merupakan hadiah utama itu adalah sumbangan dari Ketua Pengwil INI DKI Jakarta, Herdimansyah Chaidirsyah, SH. Seluruh rangkaian acara diakhiri pada pukul 17.00 WIB. (Bima)

 

Klik gambar di bawah ini untuk melihat foto lainnya :

Halal bi Halal INI-IPPAT
Share this Post: Facebook Twitter Pinterest Google Plus StumbleUpon Reddit RSS Email

Related Posts

Comments are closed.